Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015

views 1655 Kali dilihat
Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015by iBerita Unikon.Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015 — Halo, sekarang Masih di artikel terbaru yang akan saya berikan kepada sobat sekalian yang tentunya sesuai judul diatas. Kali ini iBerita Unik akan mencoba berikan info atau artikel mengenai Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015 yang nantinya dapat […]

Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015 — Halo, sekarang Masih di artikel terbaru yang akan saya berikan kepada sobat sekalian yang tentunya sesuai judul diatas. Kali ini iBerita Unik akan mencoba berikan info atau artikel mengenai Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015 yang nantinya dapat dilihat langsung info lengkapnya tentunya dibawah ini, Silahkan disimak dan baca ya

Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015

Berdasarkan pada isi surat edaran Dirjen Dikdas No. 5086/C/MI/2014 tanggal 17 November 2014 tentang Pemanfaatan Data Dapodik Untuk BSM / PIP seperti informasi yang dilansir dari website situs dikdas.kemdikbud.go.id yang mana surat tersebut ditujukan kepada seluruh kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Indonesia.

Surat edaran Dirjen Dikdas No. 5086/C/MI/2014 tersebut berisikan hal-hal yang terkait dengan dimulainya program Bantuan Siswa Miskin (BSM) akan dilanjutkan dengan Program Indonesia Pintar (PIP) yang diberlakukan secara nasional mulai tahun 2015 ini.

Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015

Penyaluran Dana Program Indonesia Pintar (PIP)

Dapodik Data Pokok Pendidikan adalah merupakan suatu sistem yang menyimpan tiga entitas data pendidikan secara lengkap. Sistem menyimpan data satuan pendidikan, peserta didik, dan pendidik dan tenaga kependidikan dengan identifikasi yang jelas.

Oleh karena itu kedepan akan semakin banyak program kemdikbud yang tergantung pada Dapodikdas antara lain adalah BOS, UN, BSM, bantuan-bantuan blockgrant dan lain-lain.

Pemanfaatan dapodik yang sudah jelas dilaksanakan selama ini antara lain untuk keperluan Tunjangan Guru, Penentuan BOS, NISN, dan Ujian Nasional tahun 2015. Kemudian yang terbaru adalah terbitnya Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar no: 5086/C/MI/2014 tentang Pemanfaatan data Dapodik untuk BSM/KIP.

Terbitnya surat edaran ini sekaligus akan mengatasi permasalahan sumber data yang kurang pas seperti yang diungkapkan oleh Mendikbud Anies Baswedan bahwa terdapat perbedaan data yang dimiliki pihak Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dengan temuan Indonesian Corruption Watch (ICW) terkait penerima bantuan siswa miskin (BSM).

Pada surat edaran yang ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota seluruh Indonesia tersebut disebutkan bahwa pada tahun 2015 Program BSM akan dilanjutkan dengan program Indonesia Pintar (PIP) yang diberlakukan secara nasional dan mekanisme seleksi siswa penerima PIP akan dilakukan melalui Dapodik.

Untuk itu diinstruksikan kepada pihak sekolah agar mendata dan mengisi data siswa dari orang tuanya pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sesuai dengan formulir yang tersedia di aplikasi dapodikdas versi 3.01.

Aplikasi Dapodik Tahun 2015

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh sekolah berkaitan dengan pelaksanaan program penyaluran dana Program Indonesia Pintar (PIP), antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan identifikasi semua siswa yang orang tuanya pemegang KPS/KKS.
  2. Meminta kepada siswa untuk menyerahkan foto kopi KPS/KKS.
  3. Segera melakukan pemutakhiran data dan pengiriman data siswa melalui mekanisme sinkronisasi data Dapodikdas.

Proses pemutakhiran data oleh sekolah agar dilakukan selambat-lambatnya tanggal 21 Desember 2014.

Download surat edaran tentang Pemanfaatan Data Dapodik Untuk BSM/PIP 2015 ini link resmi website dikdas.kemdikbud.go.id yaiti di link berikut ini ==>> Surat Edaran Dirjen Dikdas Tentang Pemanfaatan Data Dapodik Untuk BSM/KIP.

Baca Selengkapnya

Nah Kira kira Itulah tadi telah kita saksikan artikel mengenai Mekanisme Seleksi Siswa Penerima Program Indonesia Pintar Melalui Dapodik Tahun 2015 yang telah Iberita Unik berikan untuk sobat sekalian. dan tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada sumber artikel. Sekian dan terimakasih dan Jangan Lupa Berkunjung lagi

Related Posts