Susunan Menteri Kabinet Jokowi JK Presiden Terpilih 2014

views 7943 Kali dilihat
Susunan Menteri Kabinet Jokowi JK Presiden Terpilih 2014by iBerita Unikon.Susunan Menteri Kabinet Jokowi JK Presiden Terpilih 2014Susunan Menteri Kabinet Jokowi JK Presiden Terpilih 2014 — Halo, sekarang Masih di artikel terbaru yang akan saya berikan kepada sobat sekalian yang tentunya sesuai judul diatas. Kali ini iBerita Unik akan mencoba berikan info atau artikel mengenai Susunan Menteri Kabinet Jokowi JK Presiden Terpilih 2014 yang nantinya dapat dilihat langsung info lengkapnya tentunya dibawah […]

Susunan Menteri Kabinet Jokowi JK Presiden Terpilih 2014 — Halo, sekarang Masih di artikel terbaru yang akan saya berikan kepada sobat sekalian yang tentunya sesuai judul diatas. Kali ini iBerita Unik akan mencoba berikan info atau artikel mengenai Susunan Menteri Kabinet Jokowi JK Presiden Terpilih 2014 yang nantinya dapat dilihat langsung info lengkapnya tentunya dibawah ini, Silahkan disimak dan baca ya

Presiden terpilih 2014-2015 Joko Widodo – Jusuf Kalla tengah menyusun formasi susunan kabinet dan menteri dalam pemerintahannya 5 tahun kedepan. Perubahan susunan formasi kabinet 2014-2015 Jokowi JK ini. Presiden terpilih Joko Widodo sudah mengumumkan struktur kabinet yang akan membantu menjabarkan visi dan misi kepemerintahannya lima tahun ke depan.

Dalam kabinet Jokowi mendatang, terdapat 34 kementerian dengan rincian 18 posisi untuk profesional murni, dan sisanya untuk profesional partai. Meski jumlah kementerian kabinet Jokowi-JK tetap 34, ada sejumlah perubahan signifikan seperti pemisahan dan penggabungan fungsi.

Susunan Menteri Kabinet Jokowi JK Presiden Terpilih 2014

Perubahan tersebut tentu membutuhkan waktu adaptasi sehingga tidak memungkinkan bagi kementerian bersangkutan untuk langsung bekerja sejak pelantikan mereka pada 20 Oktober mendatang.

Presiden Terpilih 2014-2019 Joko Widodo mempertahankan tiga menteri koordinator (menko) dalam kabinetnya. Namun ia memastikan akan menghapus jabatan wakil menteri (wamen), kecuali pada Kementerian Luar Negeri.

Struktur Kabinet Jokowi 2014-2019

Presiden terpilih Joko Widodo sudah mengumumkan struktur kabinet yang akan membantu menjabarkan visi dan misi kepemerintahannya lima tahun ke depan. Dalam kabinet Jokowi mendatang, terdapat 34 kementerian dengan rincian 18 posisi untuk profesional murni, dan sisanya untuk profesional partai. Seperti informasi yang dilansir JPNN.COM.

Jokowi masih enggan membeberkan lebih jauh soal mana saja kementerian yang akan dihuni profesional murni, atau mana yang akan diberikan kepada partai politik. Salah seorang Deputi Tim Transisi, Andi Widjajanto juga terkesan hati-hati menjawab beragam pertanyaan seputar profesional dan profesional partai.

Nama-nama yang akan mengisi kabinet Jokowi-JK dan juga nama kandidat menteri di pemerintahan Jokowi JK nanti sudah semakin final. Namun katanya, hal itu belum akan diungkap ke publik. Jokowi sendiri juga masih belum memastikan kapan pengumuman komposisi kementerian baru, atau kementerian yang dihilangkan serta perubahan nama dari kementerian Jokowi JK nantinya.

Jokowi juga masih belum dapat memastikan soal kapan pengumuman komposisi kementerian baru atau kementerian yang dihilangkan dan perubahan nama akan diumumkan.

Presiden terpilih Joko Widodo belum memutuskan lima opsi kelembagaan yang diajukan oleh tim transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Pada dasarnya ia tidak mempersoalkan apakah nanti komposisi menterinya gemuk, ramping atau atletis. Ia lebih suka kabinet yang kuat yaitu punya leadership, kompetensi dan kapabilitas yang kuat.

Presiden terpilih periode 2014-2019, Joko Widodo (Jokowi) akan menghilangkan jabatan wakil menteri dalam kabinetnya nanti. Jokowi hanya akan mempertahankan satu jabatan wakil menteri yakni kementerian luar negeri.

Struktur Kabinet Jokowi 2014-2019

Perubahan Nama Kementrian Jokowi

Menurut Deputi Tim Transisi Andi Widjayanto, ada 19 kementerian yang tidak mengalami perubahan, enam kementerian dengan nomenklatur (penamaan) baru, enam kementerian gabungan, dan tiga kementerian baru.

Tiga kementerian baru, yakni Kementerian Agraria, Kementerian Ekonomi Kreatif, serta Kementerian Kependudukan dan BKKBN. Kementerian yang digabungkan, misalnya, Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset Teknologi.

Perubahan itu diantaranya adalah pemecahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi dua kementerian baru. Yaitu pos Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah serta Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset.

Ada pula tiga pos kementerian baru. Yaitu pos Kementerian Kependudukan, Kementerian Ekonomi Kreatif dan Kementerian Agraria. Sedangkan yang fungsinya berubah adalah Kementerian Kelautan dan Perikanan menjadi Kementerian Maritim.

Adapun kementerian yang berubah nama, yakni Kementerian Pekerjaan Umum menjadi Kementerian Infrastruktur. (dari berbagai sumber).

Nah Kira kira Itulah tadi telah kita saksikan artikel mengenai Susunan Menteri Kabinet Jokowi JK Presiden Terpilih 2014 yang telah Iberita Unik berikan untuk sobat sekalian. dan tidak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada sumber artikel. Sekian dan terimakasih dan Jangan Lupa Berkunjung lagi

Topik Populer:

  1. susunan mentri jokowi jk (43)
  2. susunan kabinet 2015 (10)

Related Posts