Pembahasan Mengenai SEL TUMBUHAN DAN HEWAN

views 2059 Kali dilihat
Pembahasan Mengenai SEL TUMBUHAN DAN HEWANby iBerita Unikon.Pembahasan Mengenai SEL TUMBUHAN DAN HEWANiBerita Unik – Kata “sel” berasal dari penemuan Robert Hooke seorang ahli botani asal Inggris pada tahun 1665. Saat mengamati sebuah irisan tipis jaringan gabus dengan sebuah mikroskop sederhana.  Ia menemukan ruang-ruang kecil pada irisan tersebut. Ia menamai Ruang-ruang kecil tersebut dengan nama sel (cellula= ruang kecil ). Sponsored Ad Jenis Sel Sel Prokariotik Sel prokariotik belum mempunyai […]

iBerita Unik – Kata “sel” berasal dari penemuan Robert Hooke seorang ahli botani asal Inggris pada tahun 1665. Saat mengamati sebuah irisan tipis jaringan gabus dengan sebuah mikroskop sederhana.  Ia menemukan ruang-ruang kecil pada irisan tersebut. Ia menamai Ruang-ruang kecil tersebut dengan nama sel (cellula= ruang kecil ).

Sponsored Ad
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Jenis Sel

  1. Sel Prokariotik

Sel prokariotik belum mempunyai pembungkus selaput inti. Sehingga Inti tidak dapat dilihat dibawah mikroskop meskipun sudah diberi warna. Contoh sel prokariotik: Bakteri, Alga hijau Biru.

  1. Sel Eukariotik

Sel Eukariotik mempunyai pembungkus selaput inti. Inti dapat dilihat dibawah mikroskop meskipun sudah diberi warna.

Organel Sel :

Gambar Sel Hewan   

SEL HEWAN

Gambar Sel Tumbuhan

SEL TUMBUHAN

  1. Membran Plasma

Membran Plasma disebut juga membran sel dan merupakan bagian terluar dari sel. Bagian sel ini yang digunakan sebagai reseptor adalah Glikoprotein. Dan sel ini tersusun dari lemak fosfolipid dan protein yang disingkat lipoprotein. Fungsi dari Membran Plasma adalah Sebagai pelindung isi sel dari luar, mengatur keluar-masuknya molekul-molekul, dan sebagai penerima rangsangan.

  1. Sitoplasma

Sitoplasma meliliki fungsi yaitu, Sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan kimia yang berfungsi saat metabolisme, Sebagai tempat berlangsungnya metabolisme, tempat organel-organel sel bergerak dan bekerja sesuai fungsinya.

  1. Nukleus

Merupakan organel terbesar dibanding organel lainnya dalam sel dan berfungsi sebagai pengatur dalam sel.

  1. Retikulum Endoplasma

RE terdiri dari dua jenis yaitu, RE kasar dan RE halus. RE kasar diselimuti oleh Ribosom (Ribosom berfungsi untuk membentuk protein) Sedangkan RE halus tidak terdapat Ribosom. RE terdiri dari kantung-kantung yang berlapis-lapis yang disebut cisternae. Fungsi RE yaitu: Menjadi tempat penyimpan Calcium, bila sel berkontraksi maka calcium akan dikeluarkan dari RE dan menuju ke sitosol,Memodifikasi protein yang disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel. (RE kasar)  Mensintesis lemak dan kolesterol, ini terjadi di hati . (RE kasar dan RE halus) Menetralkan racun (detoksifikasi) misalnya RE yang ada di dalam sel-sel hati. Transportasi molekul-molekul dan bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain (RE kasar dan RE halus)

  1. Badan Golgi atau Aparatus Golgi

Disebut juga diktiosom pada tumbuhan. Mempunyai fungsi ekskresi sel. Fungsi Badan Golgi: Membentuk kantung-kantung yang digunakan untuk ekskresi, membentuk membran plasma, Membentuk akrosom pada kepala sperma agar bisa menembus sel telur, membentuk dinding sel pada tumbuhan.

  1. Lisosom

Merupakan organel sel yang berfungsi sebagai endositosis, fagositosis, dan autofagi. Didalam Lisosom terdapat enzim-enzim hidrolitik asam: protease, nuklease, glikosidase, lipase, fosfolipase, fosfatase, ataupun sulfatase.

  1. Mitokondria (Kondriosom)

Memiliki fungsi utama sebagai respirasi pada sel. Mitokondria juga merupakan “pembangkit tenaga sel”.Mitokondria merupakan salah satu bagian sel yang paling penting karena di sinilah energi dalam bentukAdenosina trifosfat dihasilkan. Lapisan membran dalam ada dalam bentuk lipatan-lipatan yang sering disebut dengan cristae berguna untuk memperluas permukaan mitokondria dan mengandung molekul penting untuk menghasilkan ATP. Di dalam Mitokondria terdapat ‘ruangan’ yang disebut matriks, dimana beberapa mineral dapat ditemukan. Sel yang mempunyai banyak Mitokondria dapat dijumpai di jantung, hati, dan otot.

  1. Peroksisom dan Glioksisom

Peroksisom memiliki enzim katalis untuk mengkatalis perombakan hidrogen peroksida. Dan bisa mengubah lemak menjadi karbihidrat. Hewan dan tumbuhan memiliki peroksisom. Glioksisom hanya terdapat pada sel tumbuhan. Megandung enzim yang bisa mengubah lemak menjadi gula.

  1. Vakuola

Vakuola merupakan ruang dalam sel yang berisi cairan (cell sap dalam bahasa Inggris). Vakuola ditemukan pada semua sel tumbuhan namun tidak dijumpai pada sel hewan dan bakteri, kecuali pada hewan uniseluler tingkat rendah. Bagi tumbuhan, vakuola berperan sangat penting dalam kehidupan karena mekanisme pertahanan hidupnya bergantung pada kemampuan vakuola menjaga konsentrasi zat-zat terlarut di dalamnya. Proses pelayuan, misalnya, terjadi karena vakuola kehilangan tekanan turgorpada dinding sel. Dalam vakuola terkumpul pula sebagian besar bahan-bahan berbahaya bagi prosesmetabolisme dalam sel karena tumbuhan tidak mempunyai sistem ekskresi yang efektif seperti pada hewan. Tanpa vakuola, proses kehidupan pada sel akan berhenti karena terjadi kekacauan reaksi biokimia.

  1. Kloroplas

Berfungsi untuk fotosintesis pada tumbuhan. Bagian dalam kloroplas mengandung DNA , RNAs,ribosom, stroma (tempat terjadinya reaksi gelap), dan granum. Granum terdiri atas membran tilakoid(tempat terjadinya reaksi terang) dan ruang tilakoid (ruang di antara membran tilakoid).

  1. Ribosom

Ribosom ialah organel kecil dan padat dalam sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Ribosom berdiameter sekitar 20 nm serta terdiri atas 65% RNA ribosom (rRNA) dan 35% protein ribosom (disebut Ribonukleoprotein atau RNP). Organel ini menerjemahkan mRNA untuk membentuk rantai polipeptida (yaitu protein) menggunakan asam amino yang dibawa oleh tRNA pada proses translasi. Di dalam sel, ribosom tersuspensi di dalam sitosol atau terikat pada retikulum endoplasmakasar, atau pada membran inti sel.

  1. Sentriol

Sentriol adalah sebuah organel berbentuk tabung yang biasa ditemukan pada sel Hewan. Dinding sel di tiap sentriol biasanya terdiri dari Sembilan pasang Mikrotubulas(Protein Sitoskeleton).

  1. Dinding Sel

Pada dinding sel ada bagian yang tidak menebal, yaitu bagian yang disebut noktah. Melalui noktah ini terjadi hubungan antara antara sitoplasma satu dengan yang lain yang disebut plasmodesmata. Plasmodesmata berupa juluran plasma, yang berfungsi menjadi pintu keluar masuknya zat. Sebagianbesar isi dari sel berupa air. Tekanan air atau isi sel terhadap dinding sel disebut tekanan turgor. Dinding sel dan vakuola berperan dalam turgiditas sel .

Demikianlah Informasi tentang “Pembahasan Mengenai SEL TUMBUHAN DAN HEWAN” semoga Bisa bermanfaat buat anda semua

Topik Populer:

  1. Seorang ilmuwan melakukan analisis terhadap bagian sel tumbuhan (2)

Related Posts

Comments are closed.