Beberapa Cara Merawat Gigi Palsu Anda dengan Baik

views 1972 Kali dilihat
Beberapa Cara Merawat Gigi Palsu Anda dengan Baikby iBerita Unikon.Beberapa Cara Merawat Gigi Palsu Anda dengan BaikDalam diri kita Gigi merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan kesehatan dan kebersihannya. Sebab gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan anda dan juga memberikan pesona tersendiri. Oleh sebab itu banyak orang yang rela tersiksa hanya untuk memakai behel agar giginya nampak indah. Bahkan tidak jarang orang juga memakai gigi palsu. […]

Dalam diri kita Gigi merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan kesehatan dan kebersihannya. Sebab gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan anda dan juga memberikan pesona tersendiri. Oleh sebab itu banyak orang yang rela tersiksa hanya untuk memakai behel agar giginya nampak indah. Bahkan tidak jarang orang juga memakai gigi palsu.
gigi palsu
Bagi mereka yang menggunakan gigi palsu penting bagi mereka untuk tetap menjaga kebersihan gigi tiruannya menggunakan banyak cara. Oleh karena itu merawat gigi palsu juga merupakan hal yang perlu anda ketahui bagi anda yang menggunakannya.

Berikut 10 Cara Perawatan Gigi Palsu atau Tiruan dengan Mudah

1 Gunakan pembersih khusus

Jika anda menggunkan gigi palsu pastinya dokter anda akan merekomendasikan pembersih gignya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk menggunakan pembersih yang direkomendasikan dokter dan jangan asal memilih sembarang merk yang bisa membahayakan gigi palsu anda.

2 Hindari penggunaan pasta gigi

Jangan menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi palsu anda. Sebab kandungan pasta gigi tidak sesuai dengan bahan pada gigi palsu anda. Hal itu bisa menyebabkan abrasi pada gigidan juga membuatnya terkikis.

3 Gunakan sikat gigi yang lembut

Hindarin penggunaa sikat gigi yang kasar paa gigi palsu anda, gunkanlah sikat gigi yang lembut yang bisa memberikan efek yang baik terhadap tekstur gigi palsu anda. Menggunakan sikat yang kasar bia memberikan bekas goresan dan kesan yang kasar pada permukaan gigi palsu

4 Bersihkanlah setiap kali ingin digunakan

Gigi palsu anda janganlah dibiarkan lama tidak dibersihkan, utamanya jika anda telah melepasnya dan ingin memasangnya kembali. Menjaga gigi higienis sebelum digunakan juga sangatlah baik dalam menjaga kebersihan mulut.

5 Tetap higienis

Saat memnbersihkan gigi palsu anda, atau saat melepasnya dari gusi anda, sebaiknya untuk tetap menjaga kehigienisannya dengan selalu meberikan lapisan saat melepasnya. Jaga agar gigi anda tidak jatuh ke lantai sebab dengan adanya kejadian seperti itu berpotensi untuk memberikan efek bakteri pada gigi palsu anda.

6 Rajinlah menghilangkan sisa makanan

Hakl yang sangat berbahaya pada gigiu adalah sisa makanan. Bukan hanya pada gigi asli saja, namun hal ini juga sangatlah berbhaya bagi gigi palsu. Sehingga penting untuk menjaga gigi agar tetap bersih, dengan membersihkan gigi palsu anda dari sisa makanan setelah makan.

7 Lepaskanlah gigi palsu anda selama 6 jam per hari

Memnbiarkan mulut anda bebas dari gigi palsu selama beberapa jam sangatlah baik. Anda bisa membiarkan gigi palsu ana terlepas kurang lebih selama 6 jam.

8 Rendam dengan air

Gigi palsu yang sedang dilepas sebaiknya direndam dalam air. Hal tersebut sangat berguna bagi anda untuk menjaga kelembaban gigi palsu anda dan terhindar dari kekeringan. Sebab gigi palsu tentunya akan sangat mudah panas. Jadi air menjadi salah satu cara perawatan gigi palsu.

9 Periksa keadaan gusi

Saat ingin memegang gigi palsu anda yang telah dilepas ada baiknya untuk selalu mengecek kesehatan dan kondisi gusi anda. Jika gusi anda bengkak atau memerah maka hindari pemakain beberapa saat atau anda bisa berkonsultasi pada dokter terdekat. baik diskusikan dengan dokter Anda.

10 Gunakan gigi palsu yang pas

Saat memutuskan menggunkan gigi palsu baik bagi anda untuk mengukur dengn pas ukaurannya agar tidak kebesaran. Gigi palsu yang kebesaran kan kurang baik bagi kesehatan gusi.

Sperti itulah pembahasan tentang 10 cara mudah merawat gigi palsu dengan baik. Semoga dengan tips diatas sahabat dokter gigi dapat terhindar dari penyakit mulut yang diakibatkan oleh gigi palsu.

Related Posts