Ini gan Perbedaan x86 dan x64

views 1549 Kali dilihat
Ini gan Perbedaan x86 dan x64by iBerita Unikon.Ini gan Perbedaan x86 dan x64iBerita Unik – Perbedaan x86 dan x64 merupakan suatu perbedaan yang terdapat pada windows suatu komputer atau laptop yang harus kita pahami. Banyak orang yang belum mengetahui tentang x86 maupun x64 sehingga mereka sangat bingung ketika hendak memilih komputer dengan windows yang seperti apa yang hendak mereka beli. Pada umumnya x86 biasa disebut dengan windows […]

iBerita Unik – Perbedaan x86 dan x64 merupakan suatu perbedaan yang terdapat pada windows suatu komputer atau laptop yang harus kita pahami. Banyak orang yang belum mengetahui tentang x86 maupun x64 sehingga mereka sangat bingung ketika hendak memilih komputer dengan windows yang seperti apa yang hendak mereka beli. Pada umumnya x86 biasa disebut dengan windows 32 bit, sedangkan x64 biasa disebut dengan windows 64 bit yang mana masing – masing memiliki fungsi dan kemampuan yang berbeda.

Perbedaan x86 dan x64

Perbedaan x86 dan x64 harus kita ketahui agar kita juga mengetahui kelemahan dan kelebihan kedua windows tersebut. Keduanya baik x86 dan x64 mengacu pada arsitektur processor yang digunakannya. Jika pada x86 atau yang biasa disebut dengan windows 32 bit, register yang berada di dalamnya memiliki ukuran 32 bit, maka pada x64 atau yang biasa disebut dengan windows 64 bit memiliki register dengan ukuran sebesar 64 bit. Selain itu dalam suatu processor pada komputer, jumlah bit yang tertera merupakan jumlah suatu data dalam komputer yang dapat diproses hanya dalam satu langkah.

Jika pada x86, karena jumlah bitnya hanya 32 bit, maka processor tersebut hanya mampu memproses suatu perintah dalam jumlah 32 bit dalam sekali siklus pemrosesan. Sementara untuk x64 yang notabene memiliki jumlah bit yang lebih besar yakni 64 bit maka processor dapat memproses suatu perintah dalam jumlah 64 bit dalam sekali siklus pemrosesan. Dengan demikian tentu data yang dapat diproses dari x64 lebih besar dibandingkan dengan data dari x86.

Perbedaan x86 dan x64 dapat dilihat dari batasan penggunaan RAM maksimal pada suatu komputer. Pada x86 yang biasa disebut dengan windows 32 bit memiliki penggunaan RAM yang dibatasi hingga 4 GB. Dengan kata lain jika RAM yang dipasang pada komputer dengan windows 32 bit lebih dari 4 GB maka yang berfungsi hanyalah sebesar 4GB saja, maka sisanya tidak dapat digunakan. Sedangkan pada x64 memiliki batasan penggunaan RAM hingga 192 GB.

Dengan perbedaan tersebut maka dapat dipastikan bahwa komputer dengan windows x64 atau 64 bit lebih baik dibandingkan windows x86 atau 32 bit ketika digunakan untuk mengolah data – data yang sangat berat yang tentu akan memakan banyak memori seperti pekerjaan video editing atau picture editing. Perbedaan lainnya juga nampak pada segi keamanan dari keduanya yang mana windows x64 atau 64 bit lebih aman jika dibandingkan dengan windows x86 atau 32 bit. Hal tersebut dikarenakan windows 64 bit memiliki driver yang harus benar – benar mendapatkan sertifikasi dari vendor pencipta hardware tersebut. Dengan demikian windows 64 bit akan sulit diserang oleh program – program jahat yang merusak.

Perbedaan x86 dan x64

Dengan mengetahui perbedaan x86 dan x64 tentu kita akan dapat memilih CPU yang tepat bagi komputer kita tergantung dari penggunaannya. Tentu jika digunakan untuk hal – hal yang sangat berat, maka pilihan terhadap x64 lebih tepat.

Related Posts