Inilah Jabatan Formasi Pendaftaran CPNS 2014

views 1534 Kali dilihat
Inilah Jabatan Formasi Pendaftaran CPNS 2014by iBerita Unikon.Inilah Jabatan Formasi Pendaftaran CPNS 2014Saat ini Lowongan formasi cpns 2014 untuk sarjana semua jurusan telah ditetapkan pemerintah dalam hal ini adalah penetapan formasi cpns oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Aturan formasi 5 % untuk lulusan sarjana semua jurusan adalah bagian dari keseluruhan jabatan yang akan diisi oleh para calon pelamar CPNS di tahun ini. Kebijakan penerimaan CPNS […]

Saat ini Lowongan formasi cpns 2014 untuk sarjana semua jurusan telah ditetapkan pemerintah dalam hal ini adalah penetapan formasi cpns oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Aturan formasi 5 % untuk lulusan sarjana semua jurusan adalah bagian dari keseluruhan jabatan yang akan diisi oleh para calon pelamar CPNS di tahun ini.

Kebijakan penerimaan CPNS 2014 ini tentunya juga dinantikan oleh masyarakat Indonesia yang ingin melamar dan melakukan pendaftaran registrasi online CPNS ASN PPPK di tahun 2014 ini.

Keseluruhan jumlah formasi CPNS ASN PPPK 2014 ini adalah formasi sebanyak 100 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terdiri atas :

  • 65 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
  • 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).
Jabatan Formasi Pendaftaran CPNS 2014

Seluruh formasi CPNS baik Kementerian Lembaga maupun pemerintah daerah akan diumumkan secara online lewat website yang dikelola Kemenpan. Meski pengumuman formasi akan didahului KemenPAN-RB, namun setiap instansi pusat kementrian dan daerah yang buka lowongan cpns 2014 juga akan mengumumkan setelah mendapatkan formasi CPNS yang ditandatangani Menteri PAN dan RB

Pemerintah menindaklanjuti kebijakan menyediakan 5% formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk lintas jurusan, dengan menetapkan 11 jabatan yang bisa dilamar oleh sarjana dari semua jurusan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengemukakan, ke-11 jabatan di pemerintahan yang terbuka untuk sarjana semua jurusan itu adalah Analis Kebijakan, Perencana, Auditor, Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintahan daerah, Penggerak Swadaya Masyarakat, idyaiswara, Peneliti, Pekerja sosial, Penyuluh sosial, Perekayasa, dan Pemeriksa.

Formasi Jabatan CPNS

Ada beberapa prioritas jabatan formasi cpns tahun 2014 ini yang telah ditetapkan dan ditentukan oleh Pemerintah. Hal ini berdasarkan pada Surat Kemenpan B-2550/M.PAN-RB/06/2014 tentang Alokasi Formasi CPNS Tahun 2014 diprioritaskan untuk mengisi kebutuhan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Tenaga Teknis yang di utamakan bagi Jabatan Fungsional Tertentu sebagai pelaksana tugas pokok organisasi.
  • Jabatan yang akan menunjang arah pembangunan nasional.
  • Jabatan yang dapat dilamar oleh semua jurusan kependidikan, sebesar 5 % dari jumlah alokasi formasi masing-masing instansi.
  • Alokasi Tambahan Formasi PPPK Tahun 2014 diprioritaskan untuk mengisi kebutuhan yang menunjang terhadap akselerasi pencapaian tujuan/sasaran organisasi sebagaimana aturan yang berlaku.

Rincian jenis jabatan yang dapat diusulkan dalam tambahan formasi ASN tahun 2014 adalah sebagai berikut:

  1. Formasi jabatan pelaksana (jabatan fungsional umum) harus memuat kualifikasi pendidikan, golongan/ruang, jumlah, dan alokasi untuk masing-masing jabatan (unit kerja penempatan).
  2. Formasi jabatan fungsional (jabatan fungsional tertentu) harus memuat jenjang jabatan, kualifikasi pendidikan, golongan/ruang, jumlah, dan alokasi untuk masing-masing jabatan (unit kerja penempatan).
Formasi Jabatan CPNS

Banyaknya jumlah instansi pemerintah pusat maupun daerah yang belum mengalokasikan untuk jabatan 5 % yang dapat dilamar oleh sarjana dari semua jurusan. Hal ini menyebabkan belum rampungnya proses verifikasi formasi CPNS dari sejumlah daerah, untuk selanjutnya mendapatkan ijin prinsip dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Daftar jabatan fungsional untuk mengisi lowongan penerimaan cpns di tahun 2014 ini juga terdiri dari beberapa jabatan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Daftar Jabatan Fungsional Guru.
  • Daftar Jabatan Fungsional Umum.
  • Daftar Jabatan Fungsional Tertentu.
  • Daftar Jabatan Fungsional Peneliti.
  • Daftar Jabatan Fungsional Instruktur.
  • Daftar Jabatan Fungsional Dosen.
  • Daftar Jabatan Fungsional Dokter.

Sehingga hal ini juga nantinya formasi cpns guru dosen 2104 pada pendaftaran cpns kemendikbud, formasi tenaga kesehatan dokter, perawat, bidan juga akan mendapatkan prioritas pada penerimaan cpns kemenkes 2014 nantinya.

Bagi instansi pemerintah yang belum mengalokasikan formasi untuk 11 jabatan yang bisa dilamar oleh saraja dari semua jurusan tersebut supaya segera mengalokasikannya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Penerimaan CPNS Tahun 2014, pemerintah berencana akan menerima 40.000 CPNS dan 25.000 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPK). Pendaftaran penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) CPNS diharapkan dilakukan pada bulan Agustus mendatang.

Tahapan Alur Pendaftaran Online CPNS 2014

Website portal untuk melakukan registrasi online cpns 2014 ini telah dipersiapkan oleh Pemerintah yaitu di panselnas.menpan.go.id. Di dalam laman untuk melakukan pendaftaran online calon pegawai negeri sipil aparatur sipil negara (ASN) ini akan bisa diakses setelah pemerintah resmi mengumumkan jadwal penerimaan di tahun ini.

Alur pendaftaran CPNS 2014 perlu dipahami oleh para calon pelamar sebelum mulai mendaftar CPNS 2014 secara online, karena supaya mempermudah dalam menyiapkan segala sesuatunya seperti halnya berkas yang harus disiapkan, persyaratan pendaftaran online cpns, cara mengisi form pendaftaran online dan lain-lain pada portal nasional CPNS 2014.

Tahapan Alur Pendaftaran Online CPNS 2014

Berikut tata cara mendaftar online CPNS 2014 yang perlu diperhatikan oleh para pelamar antara lain adalah sebagai berikut :

  • Memahami informasi umum tentang proses pendaftaran.
  • Mempelajari Formasi CPNS 2014 yang tersedia berserta pensyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan.
  • Menentukan formasi yang akan dipilih.
  • Mengisi Form pendaftaran pada formasi yang dipilih.
  • Mengirim Form data sesuai dengan KTP yang berlaku : NIK, Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, dan Alamat Email.
  • Mengirim Form.
  • Konfirmasi pendaftaran melalui email setiap pelamar (Cek juga folder spam di akun email Anda).
  • Informasi menuju portal instansi dari formasi yang dipilih melalui email setiap pelamar.
  • Portal instansi yang dipilih untuk tahap pendaftaran selanjutnya sampai dengan pengumuman jadwal dan tempat ujian setiap pelamar.

Related Posts