Ekonomi

7 Cara Bisnis Online Gampang Banget Patut Dicoba

BERITA.LTD MARKETING

7 Cara Bisnis Online Gampang Banget Patut Dicoba

1. Lakukan Riset Kecil

Cara bisnis online yang pertama adalah dengan melakukan sebuah kajian kecil mengenai berbagai peluang usaha Anda. Langkah yang satu ini wajib dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pasar hingga target pemasaran usaha Anda.

Marketing

BACA JUGA : 

Ramadhan tahun ini masih sama seperti tahun lalu. Aktivitas masih dibatasi karena pandemi yang belum usai

Caranya, Anda hanya cukup melakukan cek mengenai hal atau pun barang komoditi yang saat ini dibutuhkan atau digemari oleh pasar. Selain melakukan pengecekan terhadap kebutuhan pasar, tak ketinggalan pula bagi Anda untuk menentukan target bisnis Anda atau dalam ilmu ekonomi seringkali disebut dengan segmentasi pasar. Tentukan saja target Anda, misal dari indikator jenis kelamin hingga usia calon pelanggan produk Anda.

2. Lakukan Perbandingan Harga Pasaran

Langkah selanjutnya untuk membangun bisnis online bagi pemula adalah dengan melakukan perbandingan harga produk di pasaran. Cara bisnis online yang satu ini berguna untuk memberikan patokan harga bagi produk Anda.

Tak hanya itu, dengan mengetahui harga pasaran, Anda pun dapat merancang strategi terbaru agar produk Anda memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk lain yang ada di pasaran.

Membandingkan harga dapat Anda lakukan melalui survey kecil-kecilan di toko atau online shop lain. Hindari untuk mematok harga yang lebih mahal dari produk di toko lain.

3. Gunakan Akun Media Sosial

Cara bisnis online tanpa modal selanjutnya yaitu dengan membuat akun media sosial sebagai wadah jual beli produk yang Anda pasarkan. Hal ini merupakan metode yang cukup strategis lantaran media sosial kini sangatlah dekat dengan masyarakat serta dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen.

MUNGKIN ANDA JUGA SUKA : 

7 Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Dan Efisien

Selain membuat akun media sosial, Anda juga dapat membuat akun di beberapa situs jual beli online. Hal ini akan semakin membuat produk Anda lebih familiar dan dikenal oleh banyak orang.

Anda pun juga dapat membuat alam situs sendiri agar bisnis Anda semakin berkembang. Hal ini tak ada salahnya untuk dilakukan ketika bisnis Anda mulai menunjukkan titik terang serta menghasilkan banyak keuntungan.

4. Sematkan Kontak

Usai membuat akun media sosial sebagai sarana jual beli dan memasarkan produk Anda secara lebih luas, maka cara bisnis online yang berikutnya adalah dengan mencantumkan kontak bisnis Anda. Hal yang harus dipastikan terlebih dahulu adalah berikan kontak yang selalu Anda gunakan atau dengan kata lain selalu aktif.

Anda dapat mencantumkan nomor telepon ataupun email bisnis Anda. Tujuan utama untuk menuliskan kontak adalah agar mempermudah konsumen untuk melakukan interaksi secara langsung dengan Anda.

Tak lupa juga untuk mencantumkan cara pemesanan hingga pembayaran produk yang akan dibeli. Jika hal ini tidak dilakukan, maka calon konsumen pun akan kesulitan untuk berinteraksi dengan Anda untuk mendapatkan produk yang ditawarkan.

5. Pasarkan Produk Secara Konsisten

Kini, Anda telah siap untuk mempromosikan produk andalan Anda. Cara bisnis online dapat Anda mulai dengan membagikan produk yang akan ditawarkan. Unggah foto produk semenarik mungkin. Hal ini tak lain bertujuan untuk menarik minat para calon konsumen Anda.

Jangan lupa untuk memberikan keterangan unggahan yang menarik dan cukup jelas mengenai detail produk Anda. Hindari untuk membuat keterangan produk yang berbeda dengan produk Anda sebenarnya. Hal ini akan secara tidak langsung akan berdampak bagi keberlangsungan usaha yang Anda bangun.

6. Beri Promosi Menarik

Untuk semakin meningkatkan antusiasme para calon pembeli, Anda dapat melakukan beberapa strategi yang cukup menarik. Cara bisnis online selanjutnya yakni dengan melakukan promosi.

Jika ingin menarik minat lebih dari calon konsumen, Anda dapat memberikan promo yang berlaku dalam batas waktu tertentu. Selain itu, Anda juga bisa memberikan give away untuk menarik antusiasme konsumen terhadap produk Anda.

7. Gunakan Relasi dan Kerabat

Cara bisnis online yang terakhir adalah dengan memanfaatkan relasi Anda. Ajak kawan hingga saudara untuk mempromosikan produk bisnis yang Anda rintis. Dengan begitu, Anda akan mengeluarkan minim biaya untuk memasarkan produk ke pasaran yang lebih luas.

Salam Sehat Sukses Sejahtera dengan berbagi..

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button