TechnologyWordPress

Cara Optimasi Konten dengan Keyword

Anda sudah memiliki konten, tapi bagaimana cara menggunakan keyword untuk memunculkannya di halaman pertama hasil pencarian?

Anda sudah memiliki konten, tapi bagaimana cara menggunakan keyword untuk memunculkannya di halaman pertama hasil pencarian?

Search Console

Ada lima lokasi di mana Anda harus menggunakan keyword untuk optimasi website:

  • Permalink
  • Meta title
  • Meta description
  • Nama file dan alt text gambar

100 kata pertama dalam konten
Permalink adalah URL dari halaman website Anda. Link ini merupakan salah satu hal pertama yang diperiksa algoritma Google ketika melakukan crawling terhadap situs Anda. Oleh karena itu, permalink wajib memiliki kata kunci.

Akan tetapi, permalink biasanya berisi karakter acak. Di WordPress, misalnya, contoh URL-nya seperti demikian: websiteku.com/blog/?p=201.

Oleh karena itu, Anda perlu mengubahnya menjadi websiteku.com/blog/kata-kunci. Pastikan setiap kata dalam permalink Anda diketik dengan huruf kecil dan dipisahkan oleh tanda dash atau “-”.

Lokasi keyword kedua dan ketiga adalah meta title dan description. Meta title adalah judul yang ditampilkan pada hasil pencarian Google, sedangkan meta description merupakan teks singkat yang ada di bawahnya.

Cara agar website tampil dihalaman pertama Google – contoh meta tile dan meta description
Meta title secara default mengikuti judul halaman situs atau posting blog. Oleh karenanya, Anda bisa memasukkan keyword ke dalam judul tersebut sebelum mempublikasikannya.

Namun, meta description akan menampilkan potongan teks dari konten halaman atau posting blog jika Anda tidak menentukannya sendiri.

Untungnya, Anda dapat dengan mudah mengganti meta title dan description. Di WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO pula untuk melakukannya.

Selain ketiga lokasi di atas, kata kunci juga perlu disematkan dalam nama file dan alt text semua gambar yang diletakkan di halaman dan posting.

Tentunya Anda bisa mengubah nama file gambar sebelum mengunggahnya. Akan tetapi, alt text hanya bisa diganti setelah Anda meng-upload gambar tersebut. WordPress memudahkan Anda untuk melakukan tugas ini dengan media library-nya.

Tak lupa, letakkan keyword di antara 100 kata pertama pada halaman atau posting. Ini akan meningkatkan mempermudah Google untuk menemukan website Anda ketika menyusuri internet untuk suatu kata kunci.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button