Religion

Perlu diketahui pentingnya membaca Alquran Dibulan Ramadhan Penuh Hikmah

Ramadhan adalah sebaik-baiknya bulan. Manusia berkejaran untuk mencapai amal yang maksimal. Salah satu amalan Ramadhan yang memiliki target tersendiri adalah membaca Al Qur’an.

Membaca Alquran

Imam Muslim meriwayatkan hadist dari Abu Umamah, yang menyatakan perintah Nabi Muhammad SAW untuk membaca Alquran.

“Bacalah Al-Qur’an sesungguhnya ia akan menjadi penolong pembacanya di hari kiamat.” berikut petikan hadist riwayat Imam Muslim.

Baca Juga : Walaupun sudah diperbolehkan Sholat Tarawih Berjamaah tapi perhatikan Adab Nya

Selain menjadi penolong di hari Kiamat, membaca Al-Qur’an juga memiliki keutamaan lainnya.

Pertama, Al-Quran adalah sebaik-baik amal perbuatan. “Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an.” (At-Tirmidzi dari Utsman bin Affan, hadits hasan shahih).

Kedua, Al Qur’an menuntun ke jalan yang lurus. “Sesungguhnya Al-Qur’an Ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al-Isra’ (17): 9)

Ketiga, turunnya rahmat dan kedamaian. “Tidak ada satu kaum yang sedang membaca, mempelajari, dan mendiskusikan kitab Allah, kecuali para malaikat akan menaungi mereka, dan rahmat Allah akan tercurah kepadanya, dan sakinah (kedamaian) akan turun di atasnya, dan Allah akan sebutkan mereka pada makhluk yang ada di sisi-Nya.” (HR Ahmad dari Abu Hurairah).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button